Other Menu

Makanan Pendamping ASI untuk Bayi

Makanan Pendamping Pertama untuk Bayi | Kapan sebaiknya memperkenalkan makanan pendamping ASI untuk bayi? Pertanyaan ini mungkin singgah di benak sebagian besar kaum ibu. Ada banyak jawaban yang terkadang kontra satu sama lain. Ada pendapat yang menyatakan bahwa bayi umur 4 bulan sudah dapat diberi makanan pendamping ASI. Pendapat lain mengatakan bahwa 4 bulan masih terlalu dini. Orangtua mungkin juga memberikan nasihat yang berbeda, terlebih bila bayi dinilai kurus. Tak jarang orangtua mendesak agar bayi diberi pisang saat umur si kecil masih 3 bulan. Memang benar, zaman dulu bayi-bayi diberi makan pada umur kurang dari 6 bulan.
Makanan Pendamping ASI
Selain kapan bayi diberi makanan pendamping ASI, pertanyaan penting lainnya adalah jenis makanan apa yang boleh diberikan. Untuk pertanyaan ini jawabannya juga berbeda-beda. Misalnya, bayi-bayi di Afrika, diberi daging sebelum makanan lain. Bayi India bahkan diperkenalkan makanan berbumbu pada umur yang masih sangat muda. Akan tetapi, yang harus diingat adalah zaman dahulu masih belum banyak dilakukan penelitian tentang hal ini. Seiring dengan penelitian yang terus berkembang, WHO dan IDAI mengeluarkan kode etik yang mengatur agar bayi wajib diberi ASI eksklusif (ASI saja tanpa tambahan apapun, bahkan air putih) sampai umur minimum 6 bulan. Setelah umur 6 bulan, bayi mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) berupa bubur susu, nasi tim, buah, dan sebagainya. WHO juga menyarankan agar pemberian ASI dilanjutkan hingga bayi berumur 2 tahun dengan dilengkapi makanan tambahan.

Mengapa harus menunda pemberian makanan pendamping sampai anak berumur 6 bulan? Dulu, sebelum ada rekomendasi ASI eksklusif, bayi umur 4 bulan sudah diberi makan dan tidak ada masalah dengan hal ini. Tetapi ilmu medis terus berkembang dan berubah seiring dengan adanya riset-riset terbaru. Beberapa riset belakangan ini menghasilkan banyak hal yang menegaskan bahwa makanan pendamping sebaiknya diberikan setelah bayi berumur 6 bulan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perlu menunda pemberian makanan pendamping sampai bayi berumur 6 bulan:

  • ASI adalah satu-satunya makanan dan minuman yang dibutuhkan bayi hingga umur 6 bulan.
  • ASI memberikan perlindungan yang lebih baik pada bayi terhadap berbagai penyakit
  • Memberikan kesempatan pada ASI untuk membantu sistem pencernaan bayi berkembang lebih matang.
  • Mengurangi resiko alergi makanan
  • Membantu melindungi bayi dari anemia karena kekurangan zat besi.
  • Menunda pemberian makanan pendamping membantu para ibu menjaga suplai ASI.
  • Pemberian makanan pendamping terlalu dini dapat menyebabkan obesitas di kemudian hari.
  • Bayi belum dapat mengontrol baik otot-otot tenggorokan dan lidah.
Sekian uraian tentang Makanan Pendamping ASI untuk Bayi. Silahkan baca artikel lainnya disini, semoga bermanfaat.

Related Articles

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply