Other Menu

Manfaat Kegiatan Menyusui untuk Ibu

Manfaat Kegiatan Menyusui untuk Ibu | Ternyata, proses menyusui juga sangat bermanfaat bagi ibu. Manfaat menyususi bagi ibu misalnya dapat mencegah terjadinya pendarahan setelah persalinan, mempercepat mengecilnya rahim, menunda masa subur, mengurangi anemia, serta menunda terjadinya kehamilan berikutnya. Menyusui juga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara dan kanker ovarium pada ibu di kemudian hari. Manfaat menyusui ASI bagi bayi juga sangat ampuh untuk mengurangi resiko kanker payudara.
Manfaat menyusui bagi Ibu
Pada tahun 2000, penelitian di 6 negara berkembang melibatkan 147 ibu menunjukkan bahwa minimal 20% ibu yang menyusui akan terhindar dari kanker payudara. Semakin lama ibu tersebut menyusui maka semakin sedikit resiko terserang kanker payudara. Hal lain yang jauh lebih penting adalah timbulnya ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak. Ibu juga tidak perlu susah-susah melakukan diet untuk mengecikan perut setelah melahirkan karena isapan bayi pada puting susu ibu merangsang keluarnya hormon yang dapat mengencangkan dinding-dinding perut ibu kembali. 

Ibu yang menyusui juga memiliki keuntungan karena badannya akan kembali normal dengan cepat. Faktor yang membuat perubahan di badan dan payudara adalah kehamilan, bukan menyusui. Pada saat hamil, kelenjar susu bertambah, bahkan sudah keluar ASI pada usia kehamilan 8 bulan. Kalau hamil badan sekurus apapun akan tetap besar untuk menyimpan cadangan lemak guna produksi ASI. Menyusui juga mempercepat kontraksi rahim sehingga lebih cepat normal dan kembali seperti sebelum hamil.

Dari sudut psikologis, manfaat kegiatan menyusui juga dapat membantu ibu dan bayi dalam membentuk tali kasih. Kontak akan terjalin setelah persalinan, yaitu pada saat ibu menyusui bayinya untuk pertamakali. Keadaan ini akan menumbuhkan ikatan psikologis antara ibu dan bayinya. Proses ini disebut "pelekatan" (bonding). Bayi jarang menangis atau rewel, bahkan akan tumbuh lebih cepat jika ia tetap berada dekat ibunya dan disusui secepat mungkin setelah persalinan. Ibu-ibu menyusui akan merawat bayi mereka dengan penuh kasih sayang. Memberi ASI dapat membantu pertumbuhan dan kecerdasan bayi.

Sekian uraian tentang Manfaat Kegiatan Menyusui untuk Ibu, semoga bermanfaat.

Related Articles

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply