Other Menu

Manfaat Terbesar ASI untuk Bayi

Manfaat Terbesar ASI untuk Bayi | Proses pemberian ASI melalui kegiatan menyusui adalah sesuatu yang menyenangkan bagi ibu, sekaligus memberikan manfaat yang tak terhingga pada bayi. Manfaat yang dimaksud seperti; Bayi akan mendapatkan nutrisi dan enzim terbaik yang dibutuhkan; Bayi mendapatkan zat-zat imun, serta perlindungan dan kehangatan melalui kontak dari kulit ke kulit dengan ibunya; Meningkatkan sensitivitas ibu akan kebutuhan bayinya; Mengurangi perdarahan, serta konservasi zat besi, protein, dan zat lainnya, mengingat ibu tidak haid sehingga menghemat zat yang terbuang; Penghematan karena tidak perlu membeli susu; dan ASI eksklusif dapat menurunkan angka terjadinya alergi, terganggunya pernapasan, diare, dan obesitas pada anak.
Manfaat ASI
ASI sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak. Menurut penelitian, anak-anak yang tidak diberi ASI mempunyai IQ (intellectual quotient) lebih rendah 7-8 poin dibandingkan dengan anak-anak yang diberi ASI secara eksklusif. ASI merupakan makanan bayi yang paling sempurna, mudah dicerna dan diserap karena mengandung enzim pencernaan, dapat mencegah terjadinya infeksi karena mengandung zat penangkal penyakit (misalnya, immunoglobulin), praktis dan mudah memberikannya, serta murah dan bersih. Selain itu, ASI mengandung rangkaian asam lemak tak jenuh yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. ASI selalu berada dalam suhu yang tepat, tidak menyebabkan alergi, dapat mencegah kerusakan gigi, dan dapat mengoptimalkan perkembangan bayi.

Manfaat lain dari ASI adalah menangkal alergi susu. Alergi tak mengenal usia , termasuk pada bayi. Justru merekalah yang paling rentan mengalami energi, baik terhadap lingkungan yang tidak sehat maupun dari makanan yang dikonsumsi. Kematangan atau maturasi saluran cerna pun sangat penting. Bayi semakin rentan karena maturasinya belum sempurna. Itulah sebabnya ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dapat mengurangi kemungkinan terjadinya alergi. Reaksi alergi tidak jelas gejala klinisnya dan reaksinya di dalam tubuh pun bermacam-macam. Oleh karena itu, penangannya juga harus tepat, jangan berlebihan, dan jangan dibiarkan begitu saja.

Sekian uraian tentang Manfaat Terbesar ASI untuk Bayi. Baca juga artikel selanjutnya Manfaat Kegiatan Menyusui untuk Ibu, semoga bermanfaat.

Related Articles

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply